Sponsors

Wednesday, October 24, 2012

Cara Mengatasi Susah Tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur


Tidur adalah kebutuhan setiap manusia. Dengan tidur, rasa letih dan lelah yang diderita bisa hilang. Tidur adalah sarana mengembalikan energi yang hilang sehabis beraktivitas. Kebutuhan akan tidur ini berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Hal ini tergantung umur dan usia. Artinya kebutuhan akan tidur anak-anak akan berbeda dengan orang dewasa atau orang tua. Tapi prinsipnya, kebutuhan akan tidur ini haruslah dipenuhi. Orang yang mengalami kekurangan tidur, biasanya mata menjadi sayu, lemas dan kurang bergairah. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu akan menimbulkan dampak yang negatif.
Selain karena kebiasaan yang sering begadang, kekurangan tidur juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu. Dalam ilmu kedokteran, hal ini disebut Insomnia. Barangkali anda juga pernah mengalami insomnia. Rasanya sungguh tidak enak bukan? meski mata sudah terasa ngantuk, namun tidak bisa tidur juga. Padahal sekujur tubuh sudah merasa letih dan kecapaian dan butuh istirahat.
Menurut situs pusat data Persatuan Rumah Sakit Indonesia (PERSI). gejala insomnia ini antara lain sulit memejamkan mata, atau bisa juga mudah tidur tetapi bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur lagi. Sedangkan pada beberapa orang, mereka sering terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur kembali hingga pagi. Akibatnya ketika beraktivitas di siang hari, dia menjadi mengantuk. Insomnia ini bisa disebabkan karena eksternal maupun internal. Faktor eksternal antara lain lingkungan yang ramai dan bising, kondisi ruang tidur yang tidak nyaman, dan sebagainya. Sedangkan faktor internal yang menyebabkan insomnia, antara lain stress di rumah atau ditempat kerja, penyakit yang menyebabkan nyeri atau sesak nafas, cemas atau depresi, dan pertambahan usia..
Untuk mengatasi Insomnia ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan :
  • Biasakan tidur secara teratur. Misalnya pukul 22.00 dan bangun pukul 05.00 Wit. Dengan adanya kebiasaan tidur secara teratur akan memudahkan untuk terhindar dari insomnia.
  • Biasakanlah berolah raga secara teratur setiap hari. Pilihlah olahraga yang ringan dan tidak terlalu berat. Misalnya jalan atau lari pagi.
  • Lepaskanlah semua beban pikiran yang sedang anda alami. Sikapilah permasalahan yang sedang dihadapi secara wajar dan tidak berlebihan.
  • Buatlah suasana dalam ruang tidur senyaman mungkin. Singkirkanlah hal-hal yang membuat ruang kamar menjadi berantakan. Suasana yang nyaman ini akan membantu anda untuk cepat terlelap.
  • Hindari minum kopi atau teh sebelum tidur. Sebab kafein yang terkandung dalam kopi ajan menyebabkan sulit tidur.
Pada beberapa orang, minum susu sebelum tidur akan membuatnya tidur pulas. Gejala insomnia ini tidak sembuh juga, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

 Follow me @HariSyahputraa

0 comments:

Post a Comment